EDU-MEET: INDONESIA–SWEDEN HIGHER EDUCATION PARTNERSHIP

Suatu siang 2 Juni 2021…

Ada yang menarik nih dari Program Studi Ilmu Hubungan Internasional. Kita telah melaksanakan Kuliah Tamu bersama Wakil Duta Besar Swedia atau Deputy Head of Mission of the Embassy of Sweden Jakarta Mr. Gustav Dahlin, bersama Ibu Sinta Herindrasti, Kaprodi HI UKI sebagai pembicara dalam kuliah tamu kita kali ini. 

Tema yang kami angkat ialah “Edu-Meet: Indonesia-Sweden Higher Education Partnership“. Tidak hanya mengundang teman-teman dari kampus kita saja, namun juga membuka kesempatan untuk mahasiswa dari luar kampus untuk bergabung dalam webinar ini. Total peserta hadir 81 orang.

Apa aja sih isi dari kuliah tamu webinar prodi HI kali ini?

Bu Sinta sebagai pembicara pertama banyak menjelaskan tentang UKI antara lain awal pendirian, visi misi UKI hingga akreditasinya. Ibu Sinta juga memaparkan kemungkinan UKI dan Swedia dapat bekerja sama dalam bentuk pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian kolaboratif, study visit program, webinar discussion maupun publikasi jurnal dan buku bersama.  

Sedangkan Pak Gustav sebagai pembicara kedua lebih banyak menjelaskan tentang pendidikan di Swedia. Swedia adalah negara yang inovatif. Inovasi menjadi faktor utama eksistensinya di tingkat global khususnya dalam bidang ekonomi dan teknologi. Banyak perusahaan Swedia yang mendunia IKEA, H&M, Spotify, Volvo, Ericsson, dan sebagainya. Dan yang paling menarik adalah banyaknya universitas di Swedia dan besarnya animo siswa Internasional yang studi di Swedia. Kampus-kampus di Swedia juga memiliki fokus yang terkenal dalam studi IHI, seperti HAM, Perdamaian, Resolusi Konflik. 

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN