Kuliah Tamu "Global Good Governance (Germany-Indonesia)"

Jakarta, 21 Mei 2021 – Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Kristen Indonesia mengadakan Kuliah Tamu pada Mata Kuliah Globalisasi dengan mengangkat tema “Global Good Governance (Germany-Indonesia)” yang menghadirkan, Saudara Hon. Johnathan Weickart, beliau merupakan Anggota Dewan Kota Paderborn / Alliance 90-Green. 

Materi dibuka dengan membahas bagaimana sistem politik di Jerman. Di Uni Eropa, federal dan tingkat negara bagian dapat merumuskan undang-undang baru, harus mematuhi hukum dari pembuat hukum di atasnya dan memiliki anggaran miliaran Euro. Sedangkan pada tingkat kota, hanya menangani masalah lokal, bisa merumuskan aturan, tapi bukan hukum, yang tidak harus selalu ditaati. 

Selain itu, tata kelola global yang baik adalah tatanan yang disengaja muncul dari lembaga, proses, norma, kesepakatan formal, dan mekanisme informal yang mengatur tindakan untuk kebaikan bersama. Tata kelola global yang baik mencakup kegiatan di tingkat internasional, transnasional, dan regional, dan mengacu pada kegiatan di sektor publik dan swasta yang melampaui batas negara. 

Tata kelola pemerintahan yang baik secara global merupakan norma multidimensi yang menekankan pada seberapa baik penyelenggaraan pemerintahan dan bagaimana manfaat tata kelola dapat diberikan kepada para pemangku kepentingannya. Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu negara yang memiliki tata kelola pemerintahan yang baik adalah Jerman. Maka dari itu merupakan kesempatan berharga untuk bisa berdiskusi dengan perwakilan rakyat dari Jerman untuk belajar dan membandingkan pemerintahan negara lain dengan negara kita sendiri, sehingga dapat lebih memahami praktek Global Good Governance di Jerman.

 

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN