Kuliah Tamu "Proses Berpikir Ilmiah dan Kritis pada Bidang Ilmu Hubungan Internasional, Terutama Pada Tema-Tema SDGs"

Jakarta, 2 Juni 2021 – Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Kristen Indonesia kembali menyelenggarakan kegiatan Kuliah Tamu dengan mengangkat tema “Proses Berpikir Ilmiah dan Kritis pada Bidang Ilmu Hubungan Internasional, Terutama Pada Tema-Tema SDGs”, Kuliah Tamu kali ini mengundang Bapak Bambang D. Waluyo, Pemimpin Umum International Relations Epistemic Community Indonesia (IREC-ID). 

Acara perkuliahan tamu tersebut dimulai dengan mengingatkan kembali apa itu Hubungan Internasional sebagai suatu ilmu. Bapak Bambang kemudian melanjutkan pembahasan dengan menjelaskan sedikit tentang SDGs serta kaitannya dengan HI. Tujuh belas target dari SDGs itu sendiri juga dijelaskan – bagaimana SDGs hadir di berbagai macam hubungan antar aktor HI.

Nah, buat teman – teman yang belum tau apa itu SDGs, Sederhananya SDGs adalah kepanjangan dari Sustainable Development Goals (SDGs) yang merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs ini berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030 nanti! 

Selain membahas mengenai SDGs, beliau juga menjelaskan bagaimana selayaknya cara berpikir mahasiswa Hubungan International (HI). Menurut beliau, Ilmiah dan kritis adalah kunci dari pemikiran seorang Akademisi HI. Tak lupa juga dijelaskan bagaimana menyampaikan suatu argument yang terstruktur sehingga terdengar saran akan opini dan makna. 

Nah, menarik bukan sobat FisiHIGH? Tungguin terus ya untuk kegiatan Kuliah Tamu selanjutnya. 

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN