Webinar Himahi UKI “Digital Workshop of Paper and Presentation : Improve Your Capability In The Digital Era”

Jakarta- Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kristen Indonesia telah menyelenggarakan kegiatan webinar dengan mengangkat tema Digital Workshop of Paper and Presentation (DWP) yang diselenggarakan secara daring via Zoom Meeting (2/10). Ini merupakan salah satu program kerja tahunan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional, Universitas Kristen Indonesia (Himahi UKI). Kegiatan ini dibuka untuk mahasiswa/i Universitas Kristen Indonesia dan umum. 

“Tujuan diadakannya workshop ini untuk membantu para peserta meningkatkan kemampuan penulisan ilmiah dan public speaking. Selain itu, penulisan ilmiah dan public speaking itu kan skills dasar yang sangat dibutuhkan di era digital ini ya. Jadi, harapannya bisa membantu untuk menunjang perkuliahan mereka supaya bisa mengembangkan kemampuan yang mereka miliki menjadi lebih baik lagi.” Ucap Irene Joice Neno, Ketua Pelaksana Webinar (22/10).

Ia menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari itu pun berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti.

Digital Workshop of Paper and Presentation diikuti hingga lebih dari 120 partisipan yang berasal dari UKI maupun peserta umum. Para peserta menunjukkan antusiasme mereka dengan menyerahkan tugas essai kepada panitia dan berani untuk mempraktekkan public speaking secara langsung saat workshop.

Workshop ini berlangsung dengan tenang, tertib, dan kondusif. Para peserta juga terlibat aktif dalam diskusi yang dipimpin oleh para pembicara. Contohnya, pada sesi kedua (materi public speaking) beberapa peserta mencoba untuk mempraktekkan secara langsung kemampuan public speaking mereka yang disaksikan langsung oleh seluruh peserta workshop,” imbuhnya.

Workshop ini dibuka dengan penyampaian materi oleh Mita Yesyca, Msc (salah satu dosen UKI) dimana sesi ini diisi oleh materi berupa refleksi mengenai penulisan essai dan memberikan pengarahan tentang praktek penulisan essai kepada peserta. Kemudian, sesi kedua dilanjutkan oleh Teuku Daffa yang merupakan seorang content creator. Beliau berbagi ilmu mengenai Public Speaking. Ia menyampaikan bagaimana cara berbicara yang baik, persiapan yang harus dimiliki public speaker, hingga tips mengatasi kesalahan-kesalahan saat berbicara di depan umum.

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN