Webinar "Konflik Israel – Palestina dalam Perspektif Teori Hubungan Internasional"

Jakarta - Mahasiswa/i kelas A angkatan 2020 Prodi Ilmu Hubungan Internasional Fisipol UKI Angkatan 2020 mengadakan webinar yang berjudul “Konflik Israel Palestina dalam Perspektif Teori Hubungan Internasional” secara daring pada hari Sabtu, 26 Juni 2021 pukul 14.00-16.30. Webinar ini diadakan dalam rangka memenuhi Evaluasi Akhir Semester untuk mata kuliah Teori Hubungan Internasional yang diampu oleh Angel Damayanti, S.IP., M.Si., M.Sc., Ph.D. 

Webinar ini secara detail mengupas tentang kedaulatan negara, sejarah konflik Israel Palestina, serta tanggapan dari organisasi-organisasi internasional terkait konflik ini. Topik ini dipilih karena menyadari bahwa isu tentang Timur Tengah adalah sebuah isu yang selalu menarik perhatian dunia dan menjadi isu yang tidak habis dibicarakan oleh masyarakat internasional. Tiga orang pembicara yang merupakan praktisi dan mahasiswa Teori HI menjadi narasumber dalam webinar tersebut. Para pembicara tersebut adalah Dr. Yulius Harya Pamungkas, S.E., S.H., M.H., Kepala Divisi Pelayanan PT Jasa Raharja, Agata Sekarbulan Mutiara Pamungkas dan Timotius Boyke Septiade yang mahasiswa IHI Fisipol UKI Angkatan 2020. 

Dr. Yulius menjelaskan tentang negara dan terbentuknya suatu negara, di mana di dalamnya ada kedaulatan yang harus dipertanggung jawabkan seperti masyarakat dan hubungan antar negara. Agata membahas tentang sejarah wilayah Israel Palestina hingga terjadinya konflik Israel Palestina. Agata menekankan bahwa konflik ini terjadi karena perebutan wilayah dan bukanlah dikarenakan oleh konflik agama seperti yang diberitakan banyak pihak. Timotius membahas tentang tanggapan organisasi-organisasi internasional yang menginginkan perdamaian. Tanggung jawab diletakan pada Dewan Keamanan PBB untuk menjaga stabilitas keamanan dan perdamaian internasional. 

Kegiatan webinar ini ditujukan kepada mahasiswa UKI, mahasiswa umum, dan juga masyarakat umum dengan tujuan untuk memberikan pemahaman mengenai konflik Israel Palestina dari sudut pandang Teori Hubungan Internasional. Kegiatan webinar dihadiri lebih dari 170 peserta dari berbagai universitas dan juga instansi. Peserta juga turut aktif memberikan pertanyaan bagi para pemateri. Kegiatan ini diakhiri dengan rangkuman oleh Angel Damayanti sebagai dosen pengampu dan juga sesi foto bersama.

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN