Selamat datang di laman resmi Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kristen Indonesia 

Didirikan pada 9 November 1994 Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fisipol UKI merupakan institusi swasta Kristen di Indonesia yang mengajarkan Ilmu Hubungan Internasional karena menyadari pentingnya  menyiapkan generasi muda Indonesia dalam menghadapi era globalisasi. Selama 27 tahun Program Studi Ilmu Hubungan Internasional telah memberikan pelayanan Tridharma yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan menghasilkan berbagai lulusan dari seluruh daerah di nusantara yang sekarang tersebar di berbagai daerah baik di dalam maupun luar negeri. 

Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fisipol UKI saat ini terdiri dari Program Strata 1 dan dua lembaga kajian yaitu Institute Of Asean Studies (IAS) dan Center for Security and Foreign Affairs Studies (CESFAS) untuk mendukung penelitian dan kajian ASEAN dan Keamanan.

Fokus kajian Program Studi saat ini melalui kurikulum 2020 adalah Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development) di Asia Pasifik dan kawasan lain yang terkait. Mahasiswa dapat memilih tiga peminatan terkait Pembangunan Berkelanjutan dalam Politik, Hukum dan Keamanan Global, Pembangunan Berkelanjutan dalam Sosial Ekonomi Global dan Pembangunan Berkelanjutan dalam Lingkungan Global. Pada 2017 Program Studi juga menerbitkan Jurnal Asia Pacific Studies (JAPS) untuk mendukung fokus kajian kawasan Asia Pasifik serta Asia Pacific Conference (APC).

Program Studi  terus mendorong pengembangan lingkungan akademik yang kondusif untuk meningkatkan kualitas pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerja sama nasional maupun internasional. Dengan dukungan moto “Melayani bukan Dilayani” seluruh civitas terus berusaha mengejawantahkan nilai-nilai yang ditetapkan oleh para pendiri yaitu rendah hati, berbagi dan peduli, disiplin, profesional, dan bertanggung jawab. 

Akhir kata, kami mengajak para pengunjung laman dan seluruh civitas untuk terus berkolaborasi mewujudkan Indonesia yang aman, damai, harmonis dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya berdasarkan prinsip ramah lingkungan berdasarkan nilai-nilai Pancasila, karena hanya dengan demikian kita dapat berkontribusi bagi kelangsungan hidup kita dan generasi masa depan bersama-sama dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

 

Terima kasih.

Ketua Program Studi Hubungan Internasional

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Kristen Indonesia

V.L Sinta Herindrasti, MA